Rabu, 3 September 2014 | 11:35 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Puskaptis: Jokowi-Ahok Raih suara Swing Voters
Headline
inilah.com/Ardhy Fernando
Oleh: Karel Stefanus Ratulangi
metropolitan - Jumat, 21 September 2012 | 01:01 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Pasangan Calon Gubernur DKI dan Wakil, Joko Widodo - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mampu mengambil suara swing voters (massa mengambang) yang merupakan kalangan pemula dan menengah.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategi (Puskaptis), Husin Yazid. Menurutnya sebaran putaran pertama tidak jauh berbeda dengan putaran kedua Pilkada DKI.

"Rilis hasil quick count di 44 kecamatan, 194 kelurahan, 340 RW, dan 340 RT, menempatkan pasangan Joko Widodo-Basuki dengan 53,48% suara dan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi 46,52%," ujar Husin, Kamis (20/9/2012).

Dengan hasil sebaran pasangan Fauzi-Nachrowi di Jakarta Pusat 46% suara, Jakarta Timur 45% suara, Jakarta Selatan 47% suara, Jakarta Barat 49% suara, dan Jakarta Utara 46% suara, yang dikalkulasikan menjadi 46,52%. Sementara pasangan Jokowi-Ahok di Jakarta Pusat 54% suara, Jakarta Timur 55% suara, Jakarta Selatan 53% suara, Jakarta Barat 51% suara, Jakarta Utara 54% suara, dikalkulasi menjadi 53,48% suara.

Sebelumnya Puskaptis sudah menginformasikan pasangan mana yang mampu mengambil swingvoter maka pasangan tersebut yang akan memenangi Pilkada DKI, dan ternyata pasangan Jokowi-Ahok yg mampu meraih suara swing voters. Terjadi pergeseran masyarakat dalam mencari figur dari yang beraliran figur pemimpin yang populis dan elit namun ternyata beralih ke figur populis dan kemungkinan bisa terjadi di pilpres 2014.

Husin mengatakan Pilkada DKI bisa ditiru dan menjadi acuan secara nasional. Mulai dari proses pendaftaran, pendataan, pelaksanaan dan persiapan menghadapi putaran kedua (sosialisasi dan debat publik) bisa dikatakan pelaksanaan pilkada DKI aman, jujur dan independen. "Artinya pelaksanaan Pilkada DKI bisa dijadikan barometer terhadap pilkada daerah lain," tandasnya. [ton]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER