Rabu, 3 September 2014 | 09:06 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Ke mana Partai Pendukung Fauzi di Putaran Kedua?
Headline
Pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli - inilah.com/Wirasatria
Oleh: R Ferdian Andi R
metropolitan - Kamis, 20 September 2012 | 19:29 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Hitung cepat semua lembaga survei politik menempatkan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama unggul dibanding pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) putaran kedua DKI Jakarta. Pertanyaan besarnya, kemana partai politik pendukung Fauzi-Nachrowi?

Perolehan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dalam Pemilukada putaran pertama 11 Juli lalu mendapat dukungan sebesar 34,05 persen. Sedangkan dalam berbagai perhitungan cepat lembaga survei, dalam Pemilukada putaran kedua DKI Jakarta ini, Fauzi-Nachrowi memperoleh dukungan di kisaran angka 45-47 persen. Sedangkan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama memperoleh dukungan di angka 53-54 persen.

Partai pendukung Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dalam putaran kedua ini didukung mayoritas partai politik seperti Partai Demokrat, Partai Golkar, PKS, PAN, PPP, PKB, dan Partai Hanura. Jika merujuk hasil hitung cepat Pemilukada II DKI Jakarta, pasangan Fauzi-Nachrowi memperoleh tambahan di angka sekitar 11 persen.

Ketua DPP PKS Bidang Hubungan Masyarakat Mardani Ali Seira mengatakan PKS dalam Pemilukada II DKI all out mendukung pasangan Fauzi-Nachrowi. "Kami penuh mendukung pasangan Fauzi-Nachrowi," ujar Mardani kepada INILAH.COM di Jakarta, Kamis (20/9/2012).

Dalam hitungan internal PKS, kata Mardani, PKS menyumbang dukungan kader PKS ke pasangan Fauzi-Nachrowi di kisaran angka 10 persen. "Hitungan kita, dukungan PKS ke pasangan Fauzi-Nachrowi mendekati 10 persen," ungkap Mardani

Lebih lanjut Mardani mengatakan jika merujuk hasil suara pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini dalam putaran pertama lalu, sedikitnya 80 persen suara pendukung Hidayat-Didik mendukung pasangan Fauzi-Nachrowi. "Lumayan, kita bisa menjaga angka 80 persen lebih pendukung Hidayat-Didik ke Fauzi Nahcrowi," papar Mardani yang juga anggota Komisi VI DPR RI ini.

Ketua DPP PAN Tajtur Sapto Edy juga mengklaim partainya sudah maksimal mendukung pasangan Fauzi-Nachrowi dalam Pemilukada II DKI Jakarta. "Semua all out, tapi Allah berkehendak lain. Swing voters ke Jokowi karena citranya lebih baik," kata Tjatur.

Meski tidak unggul dalam hitung cepat lembaga survei politik, Fauzi Bowo dalam jumpa pers di posko pemenangan Fauzi-Nachrowi jalan Diponegoro, Jakarta Pusat mengapresiasi kerja keras tim sukses dan pendukungnya.

"Saya mengucapkan apresiasi dan penghargaan kepada semua tim sukses, pendukung dan semua yang bekerja keras. Kami bangga memiliki Anda semua. Kami menyadari dalam setiap kompetisi ada yang menang dan kalah, yang terpilih dan tidak terpilih," kata Fauzi mengharukan.

Jika merujuk riset Lembaga Survei Indonesia yang digelar pada 2-7 September 2012 terungkap pemilih Partai Demokrat sekitar 63 persen yang memilih Fauzi Nahrowi, PKS sebanyak 57 persen, Partai Golkar sebanyak 55 persen PPP 78 persen, PAN 41 persen, PKB 48 persen. [mdr]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER