Senin, 1 September 2014 | 18:13 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Tips Sederhana Hindari Struk
Headline
ist
Oleh: Suyadi
metropolitan - Selasa, 18 September 2012 | 13:38 WIB

TEKANAN darah tinggi merupakan gangguan pada sirkulasi vascular pembuluh darah kepala. Hal ini akibat adanya endapan kolestrol di dalam dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan terjadi penyempitan pembuluh darah menuju kepala.

Pembuluh darah menjadi mengeras, mudah robek atau pecah yang menyebabkan pendarahan di rongga kepala/otak berupa serangan struk.Gangguan ini sangat berbahaya. Kadang serangan datang mendadak menyebabkan salah satu atau sebagian tubuhnya lemah/lumpuh, tremor, bicara pelo, mata jereng bahkan pada serangan yang berat bisa menyebabkan banjir darah di rongga kepala dan mengakibatkan kematian.

Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengobati struk yang disebabkan tekanan darah tinggi atau karena ada pengerasan pada pembuluh darah. Caranya, biji wijen hitam secukupnya digiling halus, hingga menjadi bubuk. Kemudian diseduh dengan air mendidih secukupnya, dan selagi hangat diminum.

Atau bubuk biji wijen tersebut ditaburkan di atas makanan atau masakan lalu dimakan secara teratur. Setiap makan sebanyak 10 gram. Apabila dilakukan untuk mencegah atau pengobatan diminum sehari 2 kali pagi dan sore selama 3 bulan dan selanjutnya 2 hari sekali. Sebagai pencegahan bisa diminum 1 kali yaitu pagi atau malam satu jam menjelang tidur, lakukan secara teratur.

Untuk mencegah dan mengobati struk yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi bisa menyiapkan 100-200 gram seledri kecil kemudian dijus tanpa menggunakan air dan diminum sehari 3 kali. Setiap minum sebanyak 4 sendok makan, lakukan secara teratur.

Sementara untuk mencegah dan mengobati struk yang disebabkan oleh kadar kolestrol tinggi gunakan lima tangkai daun ceremai segar, 10 lembar daun jambu batu direbus dengan air secukupnya. Kemudian airnya diminum. Lakukan secara teratur.

Bisa juga 60-100 gram kulit kacang tanah direbus dengan air 1,5 liter hingga tertinggal setengah liter. Kemudian airnya diminum 2 kali.

Disamping dengan cara-cara tersebut di atas, hendaknya penderita struk memperhatikan hal-hal berikut. Jika struk disebabkan oleh kadar kolestrol tinggi, triglicerida tinggi, tekanan darah tinggi atau kadar gula tinggi. Hendaknya hal-hal tersebut dinormalkan terlebih dahulu.

Selain itu juga menjaga emosi agar dalam keadaan stabil, hindari stress dan depresi serta lakukanlah dengan fisioterapi. Selain tetap mencoba dengan salahsatu cara di atas, baiknya lakukan pula dengan dokter atau dengan terapi segment massage, olahraga, gerak badan secara teratur dan kontinue.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER