Jumat, 24 Oktober 2014 | 15:26 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Pasutri Penilap Uang Milik 1.300 Orang, Ditahan
Headline
inilah.com
Oleh: Ahmad Farhan Faris
metropolitan - Sabtu, 11 Agustus 2012 | 17:40 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Pasangan suami - istri pemimpin Koperasi Putera Pandawa berinisial B dan D resmi ditahan Polda Metro Jaya.

"Pada 10 Agustus kemarin, Krimsus Polda telah mengamankan dua orang pimpinan dari koperasi, kepala koperasi, dan Wakilnya yang berinisial B dan D," kata Rikwanto di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu, (11/8/2012).

Dia menjelaskan, kedua pimpinan koperasi ditahan karena telah menipu sekitar 1.300 orang nasabah lantaran menyimpan dana masyarakat dalam bentuk koperasi. "Hasil diungkap kerugian hampir Rp 600 juta," singkatnya.

Pasalnya, koperasi tersebut menjanjikan keuntungan sekitar 30 sampai 50 persen yang bisa diambil setiap saat. Tetapi, nasabah sepakat ingin mengambil untuk lebaran.

"Nah awalnya beberapa nasabah ingin mengambil dananya namun dipersulit, akhirnya nasabah lain mencoba mengambil dan ternyata sama kalau dana tidak bisa diambil. Konon karena tidak ada uangnya," terang Rikwanto.

Menurutnya, lanjut Rikwanto, uang digunakan oleh pimpinan koperasi untuk kepentingan pribadi. "Awalnya memang untuk dikembalikan kepada penyimpan dana, tapi digunakan untuk kepentingan pribadi," jelasnya kembali.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita beberapa unit komputer yang digunakan untuk data nasabah, buku tabungan, pembukuan nasabah dan nasabah yang dirugikan. "Pasal yang disangkakan yaitu pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan, dengan ancaman 5 tahun ke atas," tegas Rikwanto. [lal]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER