Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 19:32 WIB

Mulai Malam Ini Monas Berkilau

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Rabu, 1 Agustus 2012 | 21:45 WIB
Mulai Malam Ini Monas Berkilau
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ada yang tak biasa terjadi pada tugu yang selama ini menjadi ikon Kota Jakarta, Monas. Pasalnya mulai Rabu (1/8/2012) hari ini, monumen kebanggaan warga Jakarta tersebut akan berkilauan cahaya mulai pukul 21:00 WIB.

Monas akan diterangi puluhan lampu Light Emittin Diode (LED) selama tiga bulan penuh. Dimana secara global pencahayaan mengkonsumsi lebih dari 15 persen dari total konsumsi energy. Artinya pencahayaan akan lebih hemat energy dari sebelumnya.

Penyalaan lampu LED di Monas, selain sebagai komitmen Pemprov DKI bersama Royal Philips Electronics, juga sebagai tanda dimulainya usaha penghematan energy pada program Kota Terang hemat Energi.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mendapatkan kesempatan membuka dimulainya program Kota Terang Hemat Energi.

President Director PT Philips Indonesia Robert Fletcher mengatakan didorong kebutuhan efisiensi energy, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah perkotaan di Indonesia dengan meluncurkan program Kota Terang Hemat Energi.

Selain di Monas, Philips sebelumnya juga telah membantu pencahayaan menggunakan LED dibeberapa daerah di Indonesia, seperti di Jembatan Suramadu dan Air Mancur di Palembang.

"Dengan teknologi pencahayaan berbasis LED, kita bisa menghemat hingga 50 persen dari total konsumsi energi tersebut, yang sama dengan dapat menghemat pengeluaran untuk konsumsi energi sebesar 106 miliar Euro per tahun atau 555 juta ton karbon dioksida per tahunnya. Serta solusi ini lebih tahan lama 15-20 tahun usia pemakaiannya dan ramah lingkungan," kata Fletcher.[dit]

 
x