Rabu, 16 April 2014 | 20:11 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Siswa SMA Don Bosco Aniaya Junior
Pelaku Merasa Aksi Bullying Tidak Langgar Hukum
Headline
IST
Oleh: Ahmad Farhan Faris
metropolitan - Rabu, 1 Agustus 2012 | 15:52 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Hermawan mengatakan enam orang siswa SMA Don Bosco merasa tindakan bullying, yang dilakukan oleh senior ke juniornya sebagai tindakan yang wajar, dan tidak mempunyai dampak hukum.

"Motifnya itu mereka merasa sebagai senior di sekolah tersebut dan tindakan itu menurut pelaku wajar. Namun oleh korban dan kita sebagai polisi, sesuai hasil penyidikan bahwa tindakan itu kejahatan dan masuk ranah hukum sampai saat ini," ujar Hermawan di Mapolres Jakarta Selatan, Rabu, (1/8/2012).

Hermawan melanjutkan, para pelaku tersebut memiliki perannya masing-masing dalam menjalankan aksinya terhadap para juniornya. "Perannya masing-masing, ada yang memukul, menampar, menyundut rokok, memaksa minum-minuman keras, mengancam pakai pisau, tendang pakai dengkul, menyuruh angkat batu yang berat dan kegiatan lainnya yang dilakukan secara bersama," jelasnya.

Ia juga mengatakan, kasus bullying yang terjadi ini dilakukan secara bersama-sama oleh para pelakunya. Sehingga tidak ada yang memimpin atau mengepalai aksi kekerasan antar siswa itu. Hingga saat ini, polisi baru menetapkan 7 orang sebagai tersangka, padahal sebelumnya ada 9 orang yang menjalani pemeriksaan.

"Dua orang itu hanya sebagai saksi, karena tidak melakukan apa-apa terhadap korban. Di samping itu, memang korban mengaku ada sekitar 20 orang saat kejadian. Namun, yang kita proses orang yang melakukan kejahatan tersebut, dan orang yang melihat tidak tau apa-apa di situ hanya kita jadikan saksi," jelasnya lagi.

Polisi menjerat enam orang siswa dan satu orang mantan siswa yang telah ditetapkan sebagai tersangka, dengan Pasal 170 KUHP untuk para pelaku. "Iya saat ini fakta penyidikan masih pasal 170 KUHP, belum masuk ke dugaan pasal penculikan sebagaimana keterangan korban," tandasnya.[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.