Selasa, 21 Oktober 2014 | 22:05 WIB
Follow Us: Facebook twitter
KPU DKI Akhiri Pendataan DPT Malam Ini
Headline
Inilah.com
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
metropolitan - Minggu, 29 Juli 2012 | 23:00 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - KPU Provinsi DKI Jakarta menegaskan hari ini, Minggu (29/7/2012) pukul 00:00 WIB, merupakan hari terakhir bagi warga yang belum masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) mendaftarkan dirinya.

Artinya tidak akan ada lagi perpanjangan waktu pendaftaran DPT, mengingat surat suara direncanakan akan dicetak pada tanggal 5 Agustus mendatang. Selain itu, KPU Provinsi DKI Jakarta telah memberikan waktu cukup panjang yaitu lima hari dari 25 hingga 29 Juli 2012 untuk pendaftaran DPT.

Ketua Pokja Pendataan Pemilih KPU Provinsi DKI Jakarta Aminullah, mengatakan meski hari libur, Sabtu dan Minggu, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan tetap buka untuk menerima kedatangan warga yang memiliki hak pilih namun belum terdaftar dalam DPT, mendaftarkan dirinya dengan membawa persyaratan administrasi yang telah ditetapkan.

“Sudah selama lima hari petugas PPS kelurahan membuka pendaftaran diri dari warga Jakarta yang belum terdaftar. Sekarang hari ini adalah hari terakhir. Saya imbau, warga yang belum mendaftarkan dirinya segera datang ke PPS Kelurahan sehingga dia dapat terdata dan bisa turut mencoblos pada putaran kedua pemilukada pada 20 September mendatang,” kata Aminullah, Minggu (29/7/2012).

Kendati hari ini adalah hari terakhir, Aminullah menyatakan KPU Provinsi DKI belum bisa memastikan penambahan atau pengurangan data DPT hasil perbaikan DPT selama lima hari tersebut. Sebab, data DPT yang baru tersebut akan direkapitulasi secara berjenjang. Seperti hari ini, PPS Kelurahan harus merampungkan rekapitulasi data DPT hasil pendaftaran selama lima hari tersebut dan diserahkan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Lalu PPK mempunyai waktu melakukan rekapitulasi DPT tingkat kecamatan dari tanggal 30 hingga 31 Juli 2012. Setelah itu, PPK menyerahkan rekapitulasi data tersebut ke KPU Kotamadya yang akan melakukan validasi DPT mulai dari tanggal 1 hingga 3 Agustus 2012.

“KPU Kotamadya dan Kabupaten akan melakukan validasi data agar tidak terjadi kegandaan data DPT. Untuk itu, kami sudah menyerahkan data DPT putaran pertama kepada seluruh KPU Kotamadya/Kabupaten untuk menjadi bahan validasi,” ujarnya.

Bila terjadi kegandaan data, lanjut Aminullah, maka KPU Kotamadya/Kabupaten melakukan perbaikan data. Misalnya ada warga yang mendaftar di Cipete Utara, Jakarta Selatan, namun namanya dengan NIK yang sama ada di Cilandak Barat, maka data nama warga tersebut tinggal dipindahkan saja ke Cipete Utara. Sehingga tidak perlu terjadi penambahan data yang bisa berujung pada data ganda.[dit]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER