Kamis, 24 April 2014 | 05:42 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Dinas KUMKMP akan Atasi Kelangkaan Tahu dan Tempe
Headline
Inilah.com
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
metropolitan - Kamis, 26 Juli 2012 | 01:32 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP), Ratnaningsih telah mengadakan rapat terbatas dengan Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi dan Industri membahas tentang kelangkaan tahu dan tempe serta tuntutan sejumlah para perajin tahu dan tempe.

Ratna menjelaskan, telah dihasilkan tiga rekomendasi untuk mengakomodir keinginan ribuan perajin tahu dan tempe. Pertama, pemerintah pusat akan memenuhi tuntutan agar bea impor kedelai diturunkan. Dari 5 persen menjadi 0 persen. Kedua, pemerintah akan mengusahakan agar perajin melalui Koperasi Tahu dan Tempe Indonesia (KOPTI) terlibat langsung sebagai importir kedelai. Kemudian, akan dibahas pengendalian harga kedelai dipegang kembali oleh Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Sehingga Bulog yang menjadi stabilisator harga. Kalau harga tinggi, Bulog yang kontrol bagaimana mengatasinya. Bulog juga yang mengatur ketersediaan bahan baku kedelai nantinya," kata Ratna.

Keputusan tersebut telah disampaikan kepada perwakilan perajin tahu dan tempe. Sehingga, produksi tahu dan tempe yang sempat mogok bisa dilanjutkan kembali. "Jadi mereka akan produksi lagi. Selain itu, besok akan diadakan pertemuan lagi antara Dinas KUMKMP dengan perajin tahu dan tempe se-DKI Jakarta," ucap dia. [ton]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.