Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 4 Maret 2015 | 23:42 WIB
Hide Ads

Selama Ramadhan, Jam Kerja PNS Dikurangi 1,5 Jam

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Senin, 16 Juli 2012 | 14:40 WIB
Selama Ramadhan, Jam Kerja PNS Dikurangi 1,5 Jam
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Pemprov DKI memberlakukan kebijakan pengurangan jam kerja bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama bulan suci Ramadhan 2012. Pengurangan jam kerja yang diberlakukan sebanyak 1,5 jam.

Dengan demikian, jika pada hari biasa jam kerja PNS dimulai dari pukul 07.30 hingga 16.00, selama bulan puasa jam kerja PNS DKI akan berlaku mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Budhiastuti mengatakan, pengaturan jam kerja ini selalu ada setiap pelaksanaan bulan puasa.

"Pemberian dispensasi ini diberikan untuk memberikan kesempatan bagi pegawai muslim untuk dapat menjalankan ibadahnya dengan baik seimbang dengan pelaksanaan tugasnya sebagai abdi rakyat," kata Budhiastuti di Balaikota, Senin (16/7/2012).

Menurutnya, pengurangan jam kerja tersebut telah tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur No. 1073/2012 tentang Pengaturan Jam kerja selama Bulan Suci Ramadhan 1433 Hijriah, dan sesuai arahan keputusan bersama Kementerian Agama dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. Pengaturan jam kerja PNS selama bulan Ramadhan berlaku setiap hari kerja, Senin hingga Kamis. Namun di hari Jumat, jam pulang PNS lebih lama 30 menit yaitu pukul 15.30.

"Jam pulang kerja di hari Jumat lebih lama dari hari kerja biasanya, karena adanya sholat jumat yang waktunya cukup panjang. Sehingga kami memundurkan waktu pulang kerja hanya di hari Jumat saja," ujarnya.

Ditegaskannya, meski jam kerja berubah selama bulan puasa, namun tetap akan diimplementasikan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Seperti, disesuaikan dengan sistem absensi elektronik untuk penghitungan besaran tunjangan kinerja daerah (TKD). Selain itu, tidak akan ada istirahat dalam lima hari kerja selama bulan puasa.

Tidak ada waktu istirahat khusus seperti hari biasanya, yaitu pada pukul 12.00 hingga pukul 13.00. Itu ditiadakan, pegawai tidak butuh waktu untuk makan, karena puasa. Tapi diharapkan pegawai tidak malas-malasan dan tetap memberikan pelayanan yang baik.[bay]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.