Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 5 Maret 2015 | 15:00 WIB
Hide Ads

"Kemenangan Jokowi Cermin Kebhinekaan"

Oleh : Ajat M Fajar | Rabu, 11 Juli 2012 | 20:01 WIB

Berita Terkait

Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja - Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Ketua MPR Taufiq Kiemas menyambut baik kemenangan sementara padangan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilgub DKI Jakarta. Dengan kemanangan Jokowi-Ahok ini menunjukkan jika masyarakat Jakarta sudah mengaplikasikan pemahaman empat pilar bernegara.

Menurutnya, empat pilar yang terus disosialisasikan MPR yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Kebhinekaan, bisa dilihat dari sikap pemilih yang tidak lagi terjebak pada persoalan kedaerahan, suku, maupun agama dalam memilih calon.

"Saya selaku Ketua MPR sangat bangga dengan kondisi ini. Warga sebagai pemilih melihatnya calon yang punya kualitas, memberikan harapan perbaikan, dan dianggap jujur. Keunggulan pasangan Jokowi-Basuki bukti nyata pemahaman kebhinekaan itu. Keunggulan tersebut juga menggambarkan kerinduan masyarakat terhadap simbol-simbol empat pilar berbangsa karena pasangan itu mewakili unsur-unsur kemajemukan dalam masyarakat Indonesia," ujar Taufiq di Jakarta, Rabu (11/7/2012).

Taufiq mengatakan, dalam fenomena unggulnya Jokowi-Ahok di Pilgub DKI dalam penghitungan cepat (quick count) disebabkan karena beberapa faktor salah satunya kebinekaan yang sudah di sadari oleh seluruh masyarakat.

Selain itu, dua faktor lainnya adalah kuatnya arus bawah yang menginginkan terjadinya regenerasi dan faktor Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai kingmaker di belakang pasangan itu. [mah]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.