Senin, 1 September 2014 | 14:33 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Humanika: Visi-Misi Jelas, Foke-Nara Layak Dipilih
Headline
inilah.com/Ardhy Fernando
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
metropolitan - Senin, 9 Juli 2012 | 03:15 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Mencermati visi dan misi serta program pasangan Cagub DKI Fauzi Bowo dan Cawagub Nachrowi Ramli, Himpunan Masyarakat Untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) Jakarta beranggapan, sudah selayaknya warga Jakarta memilih pasangan Cagub dengan nomor urut 1 itu.

"Mencermati penyampaian visi, misi dan program di Paripurna DPRD, debat kandidat yang dilaksanakan KPU DKI, serta penyampaian program dalam kampanye dari 24 Juni sampai 7 Juli lalu, tampak Foke memang lebih berkualitas dan unggul ketimbang kandidat lainnya," kata Koordinator Presidium Himpunan Masyarakat Untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) Jakarta M Syaiful Jihad, Minggu (8/7/2012).

Menurut Syaiful, program yang ditawarkan Fauzi Bowo untuk membuat Jakarta lebih maju terbilang jelas, realistis dan terukur dibandingkan lawan-lawannya yang mengusung program instan dan retorika belaka. Untuk itu, peran serta pemilih harus didorong untuk memberikan kepercayaanya kepada Foke untuk periode berikutnya.

Ia menegaskan, akan menjadi kerugian besar bagi masyarakat Jakarta bila warga yang memiliki hak pilih, tidak memberi kesempatan pada Foke untuk memimpin Jakarta kembali. "Pengalaman, kompetensi, dukungan politik yang kuat, serta jaringan yang luas, merupakan modal besar untuk menuntaskan permasalahan Jakarta yang sangat kompleks," ujarnya.

Syaiful melanjutkan, Fauzi Bowo hanya tinggal melanjutkan program-program yang sudah berjalan. "Ibarat lari maraton hampir mencapai finish. Sedangkan cagub lain baru memulai. Jangan sampai program yang sudah bagus, stop di tengah jalan karena ada gubernur baru yang tidak paham Jakarta," katanya.

Dia berharap Pemilukada DKI Jakarta digelar cukup satu putaran. Selain mampu menghemat anggaran hingga Rp 68 miliar, Pemprov DKI dan warga juga dapat berkonsentrasi membangun Jakarta lebih baik. "Kesempatan untuk terjadinya pemilukada satu putaran, hanya dimiliki oleh pasangan Fauzi Bowo – Nachrowi Ramli," ucapnya.

Sementara itu, pakar psikologi dari Universitas Indonesia Niniek L Karim menilai, Fauzi Bowo memiliki hampir semua kompotensi yang perlu dimiliki Gubernur DKI. Kompetensinya yang menonjol adalah kemampuan mengenali visi dan mengartikulasikannya. "Hampir semua aspek kelompok kompetensi kepemimpinan transformasional dimilikinya. Dia merencanakan program yang akan menyelesaikan masalah Jakarta hingga tahun 2050," kata Niniek L Karim.

Bersama koleganya dari Universitas Indonesia, Niniek L Karim diminta oleh sebuah media cetak nasional untuk melakukan survei tentang psikologis 6 calon gubernur DKI. "Kami juga menganalisis serta memetakan potensi masalah Jakarta untuk mengetahui tuntutan yang harus dipenuhi gubernurnya," ucapnya.

Dalam laporan itu disebutkan, Gubernur DKI membutuhkan kompetensi dalam kepemimpinan transformasional yang dilihat dari kemampuan visinya, memberikan contoh yang baik, membangun kelompok yang solid, ekspektasi kinerja yang tinggi, dukungan terhadap anak buah dan rangsangan intelektual. "Fauzi Bowo memiliki kompetensi yang tinggi dalam semua aspek itu, terutama dalam pemahamannya terhadap Jakarta dengan kebutuhan masa depannya," tandasnya.[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER