Rabu, 1 Oktober 2014 | 01:10 WIB
Follow Us: Facebook twitter
KPU DKI Cabut Tanda di DPT Ganda
Headline
Ist
Oleh: Ahmad Farhan Faris
metropolitan - Sabtu, 7 Juli 2012 | 18:17 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan menetapkan ulang Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan meniadakan penandaan dalam DPT untuk data yang ganda. Hal ini menanggapi hasil putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Ketua Pokja Pendataan Pemilih KPU Provinsi DKI Jakarta Aminullah mengatakan, penetapan ulang DPT tidak akan berdampak pada pengurangan atau penambahan pemilih secara signifikan dalam DPT.

"Tidak akan ada pengurangan dan penambahan pemilih yang signifikan. Kalau itu dilakukan, berarti melanggar ketentuan perundang-undangan," kata Aminullah di kantor KPU DKI, Jakarta, Sabtu (7/7/2012).

KPU DKI juga akan mencabut surat edaran tentang penandaan data pemilih yang ganda di suatu wilayah, nanti untuk bukti bagi pemilih hanya melewati tanda tinta pada jari. "Kami akan mencabut surat edaran dan tidak ada lagi penandaan pada DPT," terangnya.

Dia menjelaskan, nanti KPPS akan melakukan pengecekan sebelum dilakukan pemilihan. "Jadi, nanti berdasarkan tinta di jari saja pengawasannya, KPPS akan memeriksa sebelum warga mulai mencoblos," jelas Amin.

Perlu diketahui, KPU Provinsi DKI Jakarta melakukan penandaan pada 21.000 data pemilih yang ganda secara identik. Namun dengan digugurkannya penandaan pada DPT ini, tim KPPS yang bertugas di tiap TPS harus teliti memeriksa jari warganya agar tidak terjadi satu nama menggunakan hak pilihnya sebanyak dua kali. Jika sudah ada tanda tinta pada jari warga, maka KPPS berhak melarang warga tersebut untuk memilih kembali.

Selain itu, pemilih yang memiliki kartu pemilih harus menyodorkan kartu keluarga sebagai bukti bahwa pemilih memang memiliki hak pilih di wilayah tersebut. [mvi]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER