Rabu, 1 Oktober 2014 | 07:16 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Banyak Penyumbang Siluman untuk Kampanye
Headline
inilah.com/Ardy Fernando
Oleh: Anton Hartono
metropolitan - Rabu, 4 Juli 2012 | 16:18 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Indonesian Corruption Watch (ICW) melaporkan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) terkait adanya kejanggalan-kejanggalan dalam kegiatan kampanye Pilkada 2012. Pasalnya dalam kegiatan tersebut ditemukan banyak penyumbang siluman yang tidak diketahui asalnya.

Hal ini disampaikan oleh Divisi Korupsi ICW, Apung Widadi saat melaporkan ke Panwaslu DKI Jakarta, Rabu (4/7/2012). Pasalnya, penggunaan dana sumbangan tidak jelas seperti dari pihak swasta asing, APBN atau APBD pasangan calon akan mendapat ancaman sanksi administratif. "Kalau digunakan, pasangan calon itu bisa dibatalkan oleh KPUD sesuai mandat UU No.32 Tahun 2004," katanya.

Selain itu, sanksi lain akan diberikan berupa sanksi pidana kurungan serta denda. Menurutnya setiap sumbangan harus mencantumkan berasal darimana, hal itu sekaligus menguji kemampuan dan kelayakan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Jika ada pelanggaran dana, bisa membuat nama kandidat langsung dicoret dan kami mendorong Panwaslu agar dana yang disumbangkan oleh penyumbang misterius juga bisa dikembalikan ke kas daerah," ucapnya.[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER