Rabu, 17 September 2014 | 04:28 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kenali Nyeri Perut dan Gejalanya
Headline
IST
Oleh: Suyadi
metropolitan - Jumat, 22 Juni 2012 | 19:35 WIB

Sakit perut merupakan gejala yang timbul karena adanya kelainan di daerah pencernaan. Rasa sakit bisa terjadi di bagian perut atas, samping, tengah atau bawah. Penyebab terjadinya rasa nyeri karena adanya ketegangan, otot luka, penyumbatan saluran percenaan atau penghambatan energi vital di daerah lambung, usus, rahim dan kandung kemih.

Jika terasa nyeri di bagian perut atas berarti yang terganggu adalah lambung. Jika di perut tengah yang terganggu usus kecil atau limpha. Jika rasa sakit di pinggir perut berarti yang terganggu usus besar. Jika di perut bawah maka yang terganggu kandung kemih dan rahim.

Beberapa masalah yang bisa mengicu timbulnya sakit perut seperti masuk angin yaitu hawa dingin, lembab, yang menyerang meridian. Kemudian memasuki daerah perut mengganggu energi vital sehingga menyebabkan pencernakan terhambat sehingga tidak bisa menyalurkan dengan lancar dan menimbulkan sakit perut.

Sementara makanan yang berlebihan dan susah dicerna menyebabkan pencernaan terhambat. Makanan beracun maupun makanan yang merangsang menimbulkan luka juga bisa menyebabkan rasa sakit nyeri. Tak hanya itu stress, banyak berpikir atau merasa cemas dapat mengganggu energi lambung dan menyebabkan aktivitas lambung meningkat.

Bila inervasi ditimbulkan dari meridian zink, akan terasa nyeri atau eneg bila ditekan atau di hangatkan. Mual, muntah, desentri, diare, susah minum, pucat, badan pegal-pegal dan di lidah terdapat fleks putih tipis.

Sementara yang di timbulkan dari meridian zank seperti nyeri, kembung, muntah rasa asam, perut terasa penuh, susah buang air besar, mulut bau busuk, perut terasa panas, tegang, nyeri jika di tekan, sering berdahak, selaput lidah berwarna kuning, tebal dan kotor.

Cara mengatasi sakit perut dan menghindarkan gejalanya;

1. Hindari berbagai kemungkinan yang menyebabkan sakit perut (hilangkan causanya).

2. Lakukan akupresor pada meridian perut berikut:

a. LB 36 (menormalkan fungsi jantung).

b. UB 4 (menjernih panas, menormalkan fungsi usus besar).

c. LD 25 (menghilangkan hambatan di usus).

d. LP 6 (menguatkan limpa mengusir kelembapan).

e. SC 6 (menenangkan pikiran melonggarkan lambung).

f. Rend 12 (mengatur energi lambung).

Setiap titik meridian di tekan/pijat antara 30-40 kali. Pijatan di ulang beberapa kali dan terapi di sesuaikan dengan kasus penyakit. Bila penyakit telah dipijat tetapi tidak kunjung sembuh sesogianya penderita segera di bawah ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan yang lebih baik karena dikhawatirkan terjadi komplikasi penyakit kronis.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
5 Komentar
tina
Senin, 25 Februari 2013 | 22:16 WIB
anak saya ( 8 th perempuan) sekitar seminggu ini sering sakit perut (diseluruh perut) tanpa tau penyebabnya..bisa saya tau penyebabnya dan apa obatnya
sinta mantini
Jumat, 25 Januari 2013 | 11:35 WIB
saya mau tanya,,perutku terasa ngilu dan mengeluarkan darah dari vagina,,setelah naik motor dan banyak guncangan karna jalan yg rusak,,padahal haid sudah beres 5 hari yang lalu ,,kenapa ya? saya mau tau
wawan kuswandani
Kamis, 3 Januari 2013 | 15:34 WIB
terima kasih atas saran dan inpo nya..? klo bleh saya tanya,,,,saya klo terasa sakit perut tuh ada yng krsa di tengah dan sebelah kiri.......?
Atia kornita
Rabu, 2 Januari 2013 | 16:30 WIB
Saya sakit perut dibagian atas disertai dgn sakit kepala, diare, muntah tetapi bila dipencet tidak enek. Saya memang mempunyai maag. Itu bagaimana ya?
ranti kumalasari
Jumat, 9 November 2012 | 12:29 WIB
maaf pak, apa maksudnya LB 36, UB 4,LD 25, LP 6, SC 6 dan Rend 12? trima kasih atas tanggapannya
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER