Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Februari 2019 | 16:13 WIB

Jakarta Bisa Jadi Kota Jasa Bertaraf Internasional

Oleh : Bayu Hermawan | Selasa, 22 Mei 2012 | 18:12 WIB

Berita Terkait

Jakarta Bisa Jadi Kota Jasa Bertaraf Internasional
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Guru Besar Ilmu Transportasi dari Universitas Gadjah Mada, Danang Parikesit, menilai DKI Jakarta berpotensi menjadi kota jasa bertaraf internasional.

Guru Besar Ilmu Transportasi dari Universitas Gadjah Mada, Danang Parikesit, menilai untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota jasa bertaraf internasional, hal yang perlu dibenahi adalah sistem logistik atau angkutan barang di ibukota negara. "Efisiensi di bidang angkutan barang akan meningkatkan investasi," ujarnya di kantor Gubernur DKI Jakarta, Selasa (22/5/2012).

Danang menjelaskan, saat ini sekitar 20 hingga 30 persen kendaraan yang ada di jalan Jakarta adalah angkutan barang. Angka ini, setiap tahun mempunyai kecederungan meningkat.

"Fenomena ini menjadi indikator peningkatan ekonomi. Peningkatan jumlah itu juga berdampak pada kemacetan. Peningkatan jumlah angkutan barang skala kecil lebih cepat daripada angkutan orang," jelasnya.

Selain perlu segera menata sistem logistik di Jakarta, hal lain yang perlu diatur adalah titik distribusi, termasuk di dalamnya depo, gudang, kawasan industri. Selain itu rute angkutan barang, teknologi informasi yang mendukung operator angkutan juga perlu diatur.

"Selama ini ada tiga kota yang mempunyai sistem logistik yang baik dan bisa menjadi acuan, yakni Melbourne, Bangkok, dan Singapore. Iklim investasi di ketiga negara itu baik karena sistem distribusi barang teratur. Kota yang efisien, dengan sendirinya menarik untuk investasi," tandasnya.[bay]

Komentar

Embed Widget
x