Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 6 Maret 2015 | 18:01 WIB
Hide Ads

Polri Izinkan Konser Lady Gaga, Asal...

Oleh : Renny Sundayani | Senin, 21 Mei 2012 | 16:55 WIB
Polri Izinkan Konser Lady Gaga, Asal...
Kadiv Humas Polri, Irjen Saud Usman Nasution

INILAH.COM, Jakarta - Hingga saat ini Polri belum memutuskan apakah akan tetap melarang konser Lady Gaga bisa digelar atau tidak. Namun Polri mengatakan konser musisi asal Amerika Serikat itu bisa memperoleh izin, asal memenuhi beberapa persyaratan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Saud Usman Nasution mengatakan, terkait konser Lady Gaga yang menuai pro dan kontra di masyarakat, Polri dalam mengambil sikap tetap berdasarkan beberapa hal, pertama adalah unsur legalitas kegiatan tersebut.

Saud menjelaskan untuk pemberian izin keramaian terhadap kegiatan kemasyarakatan, dalam hal ini konser, karena kegiatan itu bersifat internasional, akan izin dikeluarkan oleh Badan Intelijen Keamanan Polri, dengan mendapatkan atau beberapa persayaratan.

"Pertama adalah rekomendasi Polda di mana kegiatan akan dilaksanakan. artinya Polda yang bersangkutan siap mengamankan bila memenuhi kriteria yang ditentukan. Kedua, di samping itu juga, dibutuhkan surat izin dari pemilik tempat bahwa di tempat tersebut akan dilaksanakan konser, dalam hal ini Gelora Bung Karno, dan ketiga adalah surat izin dari Dinas Pariwisata," jelas Saud.

Ia melanjutkan, di samping faktor-faktor legalitas dari pihak pelaksana, Polri juga meminta rekomedasi dari Kemenkumham, Keimigrasian, terkait visa kedatangan musisi tersebut. "Kemudian rekomendasi dari Kemeneterian Tenaga Kerja karena ada kegiatan melibatkan orang asing, juga Kemendagri, Kementerian Agama, dan MUI," ucapnya.

Saud juga mengatakan, Mabes Polri telah mengundang panitia untuk mempertimbangankan aspirasi masyarakat. Selain itu berdasarkan Jutlak Kapolri no. 02 XII tahun 99 tentang perizinan, paling lambat 7 hari sebelum dilaksanakan konser, atau kegiatan, panitia sudah mengajukan izin keramaian.

"Bilamana tiga hari sebelum pelaksanaan belum dipenuhi, ya kita tidak akan berikan. untuk konser lady gaga, Polda Metro Jaya telah menerima surat dari panitia untuk rekomendasi ijin keramaaian pada 5 Mei. itu baru permohonan. belum dilengkapi dokumen lain persyaratan. sehingga dari Polda memanggil untuk dilengkapi. sampai sekarang belum dilengkapi," tandasnya.[bay]

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.