Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 08:44 WIB

Soal Baju Koko

Niat Serang Foke, Justru Lukai Hati Orang Betawi

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Jumat, 20 April 2012 | 19:12 WIB
Niat Serang Foke, Justru Lukai Hati Orang Betawi
Joko Widodo - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Forum Pemuda Betawi menilai seharusnya para bakal calon Gubernur DKI Jakarta, bisa bersaing secara sehat tanpa harus saling menjatuhkan lawannya, terlebih mengunakan pernyataan-pernyataan yang justru bisa mencederai budaya dan perasaan warga Jakarta.

"Sebagai warga Jakarta asli saya ingin pemilihan kepala daerah berjalan secara sehat dan sportif," ujar Ketua Umum Forum Pemuda Betawi, Rachmad HS, di Jakarta.

Dia menilai pernyataan yang disampaikan bakal calon Gubernur DKI Jakarta Jokowi, maksudnya jelas untuk menyerang pasangan bakal calon Gubernur Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli. Namun yang terjadi, bukan hanya mencoba menyerang Cagub Foke dan Nara, Jokowi justru dianggap mencederai perasaan warga Betawi.

"Pernyataan mas Jokowi, mengarah kepada pasangan Foke-Nara. Kita menyayangkan pernyataan tersebut yang dimaksudkan sebagai pembunuhan karakter pesaingnya," kata Ketua Umum Forum Pemuda Betawi, Rachmat HS saat ditemui di Jakarta, Kamis (19/4/2012) kemarin.

Atas pernyataan tersebut, Rahmad menilai, sebagai sosok yang maju sebagai bakal calon gubernur DKI, Jokowi berlaku kurang arif dan tidak Sportif. Bahkan pria asli Tanah Abang ini mengatakan, Jokowi bukan tidak mungkin akan mendapatkan sanksi sosial di masyarakat terkait pernyataannya.

"Kalau itu (meminta maf) tidak dilakukan akan mendapat sasksi moral tersendiri dari masyarakat Indonesia, terutama warga Jakarta," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi menyebutkan baju koko dengan kopiah yang digunakan kandidat lain hanya untuk mencari simpati publik dan terkesan religius. Bahkan, Jokowi juga mengatakan penggunaan baju koko dan peci merupakan pencitraan gaya lama, basi, dan membosankan. "Ya bosenlah, semua yang maju ke Pilkada selalu pakai baju koko dan kopiah biar keliatan religius," kata Jokowi saat itu.[bay]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x