Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 08:49 WIB

Polres Ciamis Ungkap Jaringan Pengedar STNK Palsu

Oleh : Andriansyah | Minggu, 1 April 2012 | 15:48 WIB
Polres Ciamis Ungkap Jaringan Pengedar STNK Palsu
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Ciamis - Satuan Unit Reskrim Polres Ciamis berhasil menyiduk sindikat pengedar Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Asli tapi Palsu (aspal) siap edar, Sabtu (31/3/2012). Dari tangan pelaku petugas sedikitnya menyita 350 lembar STNK aspal siap edar. Selain STNK palsu, petugas juga menyita puluhan plat nomor khusus untuk kendaraan berbagai jenis sepeda motor.

Terungkapnya kasus tersebut, ketika polisi berpura-pura menjadi pembeli motor bodong. "Anggota kami menyamar menjadi pembeli motor bodong. Pelaku saat transaksi sempat menawarkan STNK palsu yang dijamin mirip dengan aslinya," terang Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Shohet, Minggu (1/4/2012).

Tanpa basa-basi petugas pun langsung membekuk pelaku dan menggiringnya ke Mapolres ciamis.

"Pelaku bernama Sawili merupakan warga Kecamatan Cikembulan, Ciamis. Pelaku ditangkap tanpa ada perlawanan," tuturnya.

Menurut dia, perbedaan antara STNK asli dengan yang palsu sangat mencolok. Jika STNK asli, memiliki hologram yang sangat lembut sedangkan yang palsu hologramnya lebih kasar.

"Diduga kasus pemalsuan STNK ini merupakan jaringan antar kota bahkan provinsi, dan tidak menutup kemungkinan jariangan pembuat STNK ini ada kerjasama dengan para pelaku curanmor," paparnya. [ang]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x