Jumat, 25 April 2014 | 04:41 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Program Cagub
Jokowi: Peran Busway Harus Dioptimalkan
Headline
Joko Widodo - inilah.com/Ardhy Fernando
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
metropolitan - Kamis, 29 Maret 2012 | 20:38 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Calon Gubernur yang diusung oleh PDIP, Joko Widodo, menilai pembenahan transportasi massal, seperti bus Transjakarta, merupakan salah satu cara ampuh dalam mengatasi kemacetan di Jakarta.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini, menilai transportasi massal seperti busway, belum dioperasikan secara maksimal. Padahal ia melihat, ini bisa menjadi salah satu solusi efektif untuk mengatasi kemacetan.

"Moda transportasi busway merupakan proyek yang bagus dalam mengatasi kemacetan. Namun saya melihat belum berjalan maksimal, armada busway harus ditambah serta jarak antar bus juga harus diatur lagi," ucap Jokowi.

Hal inilah yang membuat masyarakat enggan beralih dari kendaraan pribadi, yang akhirnya menyebabkan kemacetan. Jika terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta, dia akan melakukan penambahan armada dan perbaikan fasilitas shelter busway.

"Untuk kawasan Ibukota, lanjutnya, diprioritaskan menggunakan Transjakarta, sementara untuk wilayah yang tidak terjangkau koridor Transjakarta bisa menggunakan moda transportasi lainnya. Saya sudah coba busway, mikrolet coba, Kopaja yang komuter juga coba. Sehingga dari situ persoalan juga dapat kita lihat," kata pria yang saat ini masih menjabat Walikota Solo itu.

Selain berkonsentrasi pada perbaikan transportasi massal, dia juga akan menata serta memanfaatkan fasilitas publik. Hal itu karena macet terjadi di Jakarta disebabkan banyak faktor, diantaranya minimnya ketersediaan transportasi massa aman, nyaman dan memadai.

"Tidak hanya busway, untuk kendaraan umum lain seperti Kopaja, Metro Mini, Mikrolet itu semua harus diremajakan," kata Jokowi.

Selain itu kata Jokowi menilai adanya jalan fly over di ruas jalan Ibukota tidak efektif. Menurutnya adanya jalan fly over semakin memberikan fasilitas lebih kepada para pemilik mobil. "Orang lebih memilih naik mobil pribadi nanti. Yang paling penting untuk fasilitas MRT nya diperbaiki, jumlahnya diperbanyak dan nyaman," tandasnya.[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
2 Komentar
Agus Widodo
Jumat, 30 Maret 2012 | 13:00 WIB
Betul juga yah Fly over sepertinya hanya akan membuat orang lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi ... buat para pendukung Jokwi gabung di https://www.facebook.com/groups/fansjokowi/212670695500405/?notif_t=group_activity
ismail
Jumat, 30 Maret 2012 | 10:57 WIB
mungkin untuk masukan bagi para CaGub DKI mohon agar kiranya pada tiap shelter Busway di berikan wc umum agar kiranya kami penumpang Busway dapat lebih nyaman, apabila tidak adanya anggaran kamipun tidak keberatan apabila wc ini harus menarik kontribusi kebersihan sehingga tidak membebani PemDa
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.