Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 18:29 WIB

Dukungan Berkurang 50 Persen

Dua Calon Independen Tak Lolos Verifikasi Tahap I

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Senin, 12 Maret 2012 | 21:30 WIB
Dua Calon Independen Tak Lolos Verifikasi Tahap I
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Setelah proses verifikasi dukungan terhadap bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur independen, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan, dua calon independen tak lolos verifikasi tahap pertama.

"Setelah melakukan verifikasi selama tiga minggu, maka ditetapkan sebanyak 50 persen suara dukungan untuk dua pasangan calon independen tersebut dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat," kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja), Pencalonan KPU Provinsi DKI Jakarta, Jamaluddin F Hasyim, Senin (12/3/2012).

Dijelaskan Jamaluddin, suara dukungan yang dinyatakan gugur, lantaran saat verifikasi factual banyak warga yang tidak datang meski Kartu Tanda Penduduk (KTP) ada dalam daftar dukungan, atau adanya KTP ganda dan KTP Kadaluarsa dalam berkas dukungan.

Kendati demikian, lanjut Jamal, pihaknya masih memberikan waktu untuk memperbaiki jumlah dukungan ini pada kedua pasang calon independen. Waktu perbaikan untuk mencari tambahan dukungan diberikan KPU Provinsi DKI kepada kedua pasangan calon independen mulai dari 26 Maret hingga 9 April 2012.

Setelah dukungan suara terkumpulkan, dijelaskannya, kedua pasangan ini harus kembali menyerahkannya kepada KPU Provinsi DKI Jakarta, dimana suara dukungan tersebut akan kembali diproses melalui verifikasi tahap II oleh KPU Provinsi DKI. Hasilnya, pada 10 Mei 2012, KPU Provinsi DKI akan mengumumkan calon independen yang lolos dan berhak maju menjadi calon gubernur dan wakil gubernur.[dit]

Komentar

Embed Widget
x