Jumat, 1 Agustus 2014 | 06:40 WIB
Follow Us: Facebook twitter
13 Kota Ikuti Pelatihan Penanggulangan Kebakaran
Headline
inilah.com
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
metropolitan - Selasa, 6 Maret 2012 | 23:40 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Sebanyak 30 peserta dari 13 kota di Indonesia mengikuti program Diklat Inspektur Kebakaran Tingkat I Program 200 Jam Pelajaran di Pusdiklat Damkar PB DKI Jakarta di Ciracas, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan bencana (Damkar PB) DKI Jakarta, Paimin Napitupulu menjelaskan, diklat bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kecakapan serta keterampilan teknis operasional pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana. “Pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas petugas Damkar dan PB dari berbagai daerah dalam hal kemampuan keterampilan pemadaman kebakaran dan bencana," ujar Paimin.

Para peserta pelatihan berasal dari Dinas Damkar PB DKI Jakarta, Kabupaten Badung (Bali), Kota Pekanbaru, PKTN Batan Serpong, Batam, Kota Bukit Tinggi (Sumatera Barat), Kota Sumbawa, Kabupaten Batanghari (Jambi), Kota Kupang, Kota Jambi, Kota Mataram, Kabupaten Nunukan (Kalimantan Timur), dan Kabupaten Karawang.

Sementara materi yang diberikan kepada peserta adalah, kesamaptaan, tutorial pimpinan, dinamika kelompok, sistem pemadaman otomatis, pengetahuan hidran kebakaran, sistem tanda bahaya kebakaran, pengetahuan APAR dan beroda, prosedur pemeriksaan dan pengisian cek list, serta sistem pemercik otomatis.

Dalam kesempatan tersebut, Dinas Damkar PB DKI juga melakukan pelepasan terhadap lima personil pemadam kebakaran kota Tokyo atau Tokyo Fire Departement yang telah memberikan pelatihan kepada personel Dinas Damkar PB DKI selama sebulan di Pusdiklat Damkar PB Ciracas, Jakarta Timur.

Lima instruktur dari Jepang yang terlibat dalam pelatihan ini adalah, Ozaki Jun, Shimoyama Masatoshi, Shinada Hirofumi, Matsuda Kouchirou dan Ikeda Yasunori. Mereka mengaku memperoleh banyak pengalaman berharga selama bertugas di Jakarta. “Yang pasti disiplin anggota Damkar PB DKI makin meningkat setelah mengikuti pelatihan. Mereka juga bertambah mahir dalam hal penyelematan jiwa manusia saat bencana,” kata Shimoyama Masatoshi.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER