Jumat, 18 April 2014 | 08:01 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Polda Ungkap Pemalsu STNK dan BPKB
Headline
humaspolda
Oleh: Irvan Ali Fauzi
metropolitan - Selasa, 17 Januari 2012 | 19:30 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Selain menangkap para pelaku pencurian kendaraan bermotor, Polda Metro Jaya juga membongkar komplotan pemalsu STNK dan BPKB.

Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Gatot Edi Pramono, kendaraan bermotor hasil curian dijual ke seorang penadah. Setelah itu, katanya, surat-surat kendaraan tersebut kemudian dipalsukan oleh komplotan ini. "Kebanyakan STNK dan BPKB palsu ini adalah mobil," ujarnya Gatot, Selasa (17/1/2012).

Sebelumnya, sebanyak 250 mobil dan motor disita polisi dari tangan puluhan kawanan rampok yang kerap menggasak kendaraan bermotor di Jakarta. Berdasarkan operasi yang digelar selama sebulan sejak Desember 2010 itu, 250 kendaraan yang disita terdiri dari 114 mobil serta 136 sepeda motor. Barang curian ini disita dari 30 pelaku, termasuk para penadah.

Menurut Gatot, salah satu modus operandi para pelaku pencurian ini salah satunya adalah merubah identitas kendaraan dengan surat-surat palsu sebelum dijual kembali. Dari komplotan pemalsu STNK dan BPKB ini, polisi menyita alat cetak dan kertas sebagai bahan-bahan pemalsuan.

Karena itu, untuk menghindari pencurian, Gatot mengimbau pada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan serta keamanan bagi pemilik kendaraan bermotor. Ia meminta masyarakat tidak memarkirkan kendaraannya disebarang tempat serta menambah kunci pengamanan.[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.