Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 18:54 WIB

Pemprov DKI Ajukan Dua Raperda Soal Transportasi

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Rabu, 11 Januari 2012 | 18:21 WIB
Pemprov DKI Ajukan Dua Raperda Soal Transportasi
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - DKI Jakarta mengajukan dua rancangan peraturan daerah (Raperda) soal transportasi dalam Rapat Paripurna, yang digelar pada Rabu (11/1/2012). Pengajuan dua Raperda itu bertujuan untuk memperbaiki sistem transportasi di Ibukota Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, pengajuan Raperda soal transportasi tersebut, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan angkutan umum yang merupakan tuntutan dan aspirasi masyarakat.

Pria yang akrab disapa Foke ini menjelaskan dua Raperda mengenai transportasi yang diajukan ke DPRD DKI Jakarta yakni tentang sistem Bus Rapid Transit (BRT) dan Pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Transjakarta. Menurutnya, beberapa hal yang perlu diperbaiki yakni sisi pelayanan, waktu tempuh, efisiensi pengelolaan aset serta infrastruktur.

"Termasuk pembagian fungsi regulasi dan operasi, sehingga terdapat kejelasan peran para pihak terkait. Untuk mengoptimalkan dan mengelola sistem BRT, perlu ditindaklanjuti kebijakan tersebut dalam rancangan peratuan daerah," kata Fauzi, usai Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Rabu (11/1/2012).

Ditambahkannya, untuk mengembangkan rencana induk jaringan transportasi di Jakarta, perlu adanya jaringan angkutan umum yang saling terintegrasi, memiliki kualitas layanan yang baik, dan tarif layanan yang terjangkau.

Penyusunan Raperda ini juga bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Selain itu, menjaga agar tarif layanan sistem BRT tetap terjangkau oleh daya beli masyarakat.[bay]

Komentar

Embed Widget
x