Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 19:08 WIB

Kemenkes Tangani Flu Burung di Jakarta Utara

Oleh : Laela Zahra | Selasa, 10 Januari 2012 | 18:11 WIB
Kemenkes Tangani Flu Burung di Jakarta Utara
inilah.com/ Dok
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Kesehatan, mengatakan telah menangani kasus dugaan penyebaran virus flu burung yang menyebar di wilayah Jakarta Utara.

"Kami melakukan penangangan yang lebih profesional dan tentu kita antisipasi ke depannya agar tidak menular ke beberapa orang atau tempat," kata Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti, di Istana Negara RI, Jakarta, Selasa (10/1/2012).

Kementerian Kesehatan juga akan mengirimkan tim untuk mencari sumber-sumber penyebaran virus flu burung di wilayah Jakarta Utara yang dekat dengan pelabuhan.

"Kita dengan tim-tim yang sudah ditunjuk untuk bergerak lebih efetif dan efisien untuk menangani, tentu pencegahan jauh lebih bagus, kita upayakan sedemiakan rupa agar tidak menular. Sumber-sumber penularan kita upayakan untuk ditangani," ujarnya.

Mukti menjelaskan, untuk orang-orang yang sudah terkena virus flu burung, akan dilarikan ke rumah sakit yang sudah disediakan fasilitas penanganan penyakit berbahaya ini. "Kalau yang sudah kena, rumah sakit sudah kita siapkan." ucapnya.

Sementara Wakil Menteri Pertanian Suswono mengatakan pihaknya juga telah melakukan antisipasi terhadap penyebaran virus flu burung di wilayah Jakarta Utara.

"Kita pantau terus karena memang yang kita khawatirkan ada indikasi secara global kemungkinan untuk bisa penularannya antara manusia ke manusia, sampai ini kan belum ada," kata Suswono di Istana Negara RI, Jakarta, Selasa (10/1/2012).

Suswono menjelaskan, penyebaran virus flu burung tidak selalu melalui hewan unggas, tapi bisa juga melalui manusia yang sudah terjangkit virus mematikan itu.

"Belum valid betul, bahwa arah mutasi gennya kemungkinan akan terjadi seperti itu bisa saja, ini warning saja, kemungkinan bisa terjadi. Ini yang sedang kita pantau, yang kita khawatirkan kasus di Hongkong apa penularan manusia ke manusia, atau binatang ke manusia," jelasnya.[bay]

Komentar

Embed Widget
x