Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 22:56 WIB

Foke: Jembatan Ambruk Tanggung Jawab Pemborong

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Minggu, 11 Desember 2011 | 14:48 WIB
Foke: Jembatan Ambruk Tanggung Jawab Pemborong
Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo - inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menegaskan bahwa rubuhnya jembatan di Marunda menjadi tanggung jawab pemborong proyek. Hal tersebut karena jembatan ini masih dalam taraf pembangunan dan belum dipergunakan.

"Ambruknya jembatan ini menjadi tanggungjawab sepenuhnya berada di pihak pemborong. Karena proyek itu belum diserahkan kepada pemerintah," ujar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat meninjau lokasi jembatan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (12/12/2011).

Kedatangan Foke sekaligus membantah isu bahwa jembatan yang roboh itu jembatan yang sudah selesai dibangun. "Jembatan itu belum selesai dibangun, masih dalam pengerjaaan," katanya.

Pria yang akrab disapa Foke itu pun telah meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta mengganti enam girder atau balok jembatan kepada pemborong. Enam buah balok girder atau beton jembatan roboh saat dipasang pada proyek pembangunan Jembatan Cilincing yang berada di Jalan Arteri Marunda Cilincing Jakarta Utara. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB, Minggu 11 Desember 2011.

Enam balok yang masing-masing panjangnya 30,8 meter, jatuh dari ketinggian 5,1 meter. Beruntung tidak ada korban jiwa. "Terjadi kesalahan pada proses pengerjaannya," ucap Foke.

Foke menilai beton yang ambruk itu dibuat di pabrik lain yang mutunya sudah sesuai standard.[bay]

Komentar

Embed Widget
x