Sabtu, 2 Agustus 2014 | 11:29 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Pelabuhan Muara Angke Siap Digunakan
Headline
Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono - beritajakarta.com
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
metropolitan - Jumat, 9 Desember 2011 | 14:59 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Pembangunan Pelabuhan Muara Angke telah selesai dan dapat segera digunakan pada Desember 2011 ini. Pelabuhan ini akan membuat transportasi dari Kepulauan Seribu semakin lancar dan cepat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono mengatakan Pelabuhan Muara Angke merupakan pengganti dari Pelabuhan Marina di Ancol yang biasa digunakan warga Jakarta di Pulau Seribu sebagai tempat transportasi.

"Sekarang, Pelabuhan Marina akan dipusatkan sebagai pelabuhan kapal-kapal wisata yang akan ke Kepulauan Seribu," katanya, Jumat (9/12/2011).

Udar menjelaskan selama ini fungsi Pelabuhan Marina adalah pelabuhan kapal transportasi warga dan pelabuhan kapal wisata. Karena ada kapal-kapal wisata, akibatnya kapal-kapal penumpang untuk warga yang tinggal kepulauan seribu mengalami kesulitan merapat karena banyaknya kapal wisata yang bersandar.

Dijelaskan Pristono, pembangunan Pelabuhan Muara Angke telah dilakukan sejak tahun 2005. Pengerjaan yang dilakukan meliputi pembangunan dindin penahan ombak atau break water wall, dermaga kapal-kapal penumpang dengan kekuatan mesin 7 GP atau kapal dengan kapasitas 20-25 penumpang serta kantor pelabuhan sebagai pengawas kapal-kapal yang keluar masuk pelabuhan.

Konsep pelabuhan tersebut dibuat seperti terminal penumpang pada umumnya, yaitu terdapat ruang tunggu penumpang, loket tiket, boarding pass seperti layaknya bandara, lahan parkir untuk sandaran kapal, tempat penjualan makanan dan fasilitas lainnya.

"Jadi ada kehidupan disana, kehidupan yang lebih baik, rapi, manusiawi dan bersih," ucapnya.

Selain mengangkut penumpang, Pelabuhan Muara Angke juga akan menjadi pangkalan bagi kapal-kapal operasional Pemprov DKI, seperti kapal Dishub DKI, Satpol PP dan polisi air. Dishub sendiri memiliki 8 kapal operasinal dan kapal tradisional penumpang ada sebanyak 20 kapal.

Luas dari Pelabuhan Muara Angke mencapai 3 hektar dan pembangunan memakan biaya sekitar Rp 130 miliar. Nantinya, Pelabuhan Muara Angke ini juga akan menjadi akses bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang menginginkan harga transportasi penyeberangan yang murah.[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER