Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Mei 2015 | 08:11 WIB
Hide Ads

Nur Geram KPK Tetapkan Depok Kota Terkorup

Oleh : - | Rabu, 7 Desember 2011 | 13:04 WIB

Berita Terkait

Nur Geram KPK Tetapkan Depok Kota Terkorup
inilah.com

INILAH.COM, Depok - Berdasakan hasil survei Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok merupakan salah satu kota terkorup di Indonesia.

Predikat pemkot terkorup tersebut didasarkan pada parameter indeks integritas daerah dalam hal pelayanan perizinan khususnya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), IMB, dan KTP.

Hasil survei tersebut, perolehan nilai untuk Pemkot Depok 3,50 menyandang predikat terburuk jauh dari nilai rata-rata 6,00. Menurut KPK, dalam pelayanan izin dan KTP Pemkot Depok belum transparan, sehingga berpotensi menumbuhkan tindak pidana korupsi, dan penyalahgunaan wewenang maupun gratifikasi.

Atas survei itu, Walikota Nur Mahmudi Ismail, langsung menegur dinas terkait yaitu Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Pihaknya juga mengundang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). "Kita siap melakukan pengawasan langsung dilapangan terhadap barang dan jasa. Bahkan BPKP sudah kita berikan surat kerja sama," ujarnya seperti diberitakan Poskota.

Nurmahmudi juga mengatakan, pihaknya akan mempelajari survei KPK dan segera melakukan langkah-langkah perbaikan untuk menekang indeks korupsi di Kota Depok.

"Kita akan mempelajari dulu survei yang diberikan KPK atas pengamatan tentang kekurangan di bidang perizinan. Dan juga kita akan lihat indikasi pelanggarannya, apakah dari aparat pemerintah atau pihak ketiga diluar itu," jelas Nur. [mah]

2 Komentar

Image Komentar
- Selasa, 27 Desember 2011 | 01:04 WIB
Padahal banyak lho prestasi kota depok semenjak dipegang oleh pak nur, bukan hanya tingkat nasional tp juga tingkat internasional. spertinya yg korup itu orang ketiga,krn kalau kita mau mengurus sesuai alurnya, insya allah lancar2 aja dan mudah sekali kok. sabar ya pak nur,mungkin itu surveinya ga menggambarkan depok yg sebenarnya.
Image Komentar
MUKHLIS - Senin, 26 Desember 2011 | 16:46 WIB
Saya sebagai warga depok sangat kecewa dengan apa yang diberitakan. nyatanya baru tanggal 5 kemarin saya perpanjang ktp g di minta uang dan juga langsung jadi esok harinya. dan selama dua periode kepemimpinan pak nur kampung jalannya jadi bagus, gak seperti dulu klo hujan debel.... saya bukan orang pks dan juga bukan orang partai. tapi saya warga yang menghargai kerja keras pemimpin, tentunya pemimpin yang memberikan dampak yang baik bagi warganya. sabar pak nur... biasa klo orang baik ada aja yang sirik...

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.