Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 12 Desember 2017 | 03:51 WIB

Nur Geram KPK Tetapkan Depok Kota Terkorup

Oleh : - | Rabu, 7 Desember 2011 | 13:04 WIB
Nur Geram KPK Tetapkan Depok Kota Terkorup
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Depok - Berdasakan hasil survei Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok merupakan salah satu kota terkorup di Indonesia.

Predikat pemkot terkorup tersebut didasarkan pada parameter indeks integritas daerah dalam hal pelayanan perizinan khususnya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), IMB, dan KTP.

Hasil survei tersebut, perolehan nilai untuk Pemkot Depok 3,50 menyandang predikat terburuk jauh dari nilai rata-rata 6,00. Menurut KPK, dalam pelayanan izin dan KTP Pemkot Depok belum transparan, sehingga berpotensi menumbuhkan tindak pidana korupsi, dan penyalahgunaan wewenang maupun gratifikasi.

Atas survei itu, Walikota Nur Mahmudi Ismail, langsung menegur dinas terkait yaitu Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Pihaknya juga mengundang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). "Kita siap melakukan pengawasan langsung dilapangan terhadap barang dan jasa. Bahkan BPKP sudah kita berikan surat kerja sama," ujarnya seperti diberitakan Poskota.

Nurmahmudi juga mengatakan, pihaknya akan mempelajari survei KPK dan segera melakukan langkah-langkah perbaikan untuk menekang indeks korupsi di Kota Depok.

"Kita akan mempelajari dulu survei yang diberikan KPK atas pengamatan tentang kekurangan di bidang perizinan. Dan juga kita akan lihat indikasi pelanggarannya, apakah dari aparat pemerintah atau pihak ketiga diluar itu," jelas Nur. [mah]

Komentar

 
x