Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 02:41 WIB

Foke Akui Tanggul Bukan Solusi Efektif Atasi Rob

Oleh : Santi Andriani | Senin, 5 Desember 2011 | 18:05 WIB
Foke Akui Tanggul Bukan Solusi Efektif Atasi Rob
Fauzi Bowo - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, kembali menegaskan untuk mengatasi banjir rob di wilayah Jakarta Utara, diperlukan adanya sebuah master plan penanggulangan yang lebih luas. Saat ini untuk mencegah banjir rob semakin parah hanya bergantung pada pengguatan tanggul.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan saat ini pihaknya telah mencoba untuk mengontrol dan mengendalikan banjir rob. Namun langkah tersebut sifatnya bukan untuk jangka panjang.

"Langkah yang kita lakukan (sekarang) bisa dibilang ad hoc sifatnya. Untuk jangka panjang itu memerlukan konsep yang lebih komprehensif yang sedang dalam proses perumusannya," ujar Fauzi Bowo di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/12/2011).

Pria yang akrab disapa Foke ini mengatakan sementara untuk mengatasi banjir rob adalah dengan membangun tanggul yang lebih tinggi. Namun pembangunan tanggul itu bukan solusi jangka panjang, karena mungkin tanggul tersebut hanya bertahan paling lama lima tahun untuk mencegah banjir rob.

"Tanggul yang kita persiapkan dengan ketinggian tertentu tersebut tidak tahan 3 sampai 5 tahun. Oleh karen itu, perlu ada penanganan lain. Penanganan lain itu seperti yang saya sampaikan kita sudah ada masterplan penanggulangan kemungkinan trjadinya rob yang lebih besar lagi di seluruh pantai utara Jakarta," jelasnya.

Saat ditanya apakah ada langkah dan persiapan lain selain pengutan tanggul untuk mengatasi rob, sampai master plan yang dibahas selesai, Foke mengatakan tidak ada. "Yah terutama tanggul, selain tanggul apa masa dibacain Al-Fatehah," ucapnya.[bay]

Komentar

Embed Widget
x