Find and Follow Us

Selasa, 28 Januari 2020 | 04:53 WIB

DKI Berniat Bangun Rusunawa di Bantaran Sungai

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Selasa, 22 November 2011 | 19:30 WIB
DKI Berniat Bangun Rusunawa di Bantaran Sungai
Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum, untuk membangun rumah susun sewa (Rusunawa) bagi warga yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Ciliwung.

Pembangunan Rusunawa itu karena kesadaran prilaku masyarakat yang tinggal di bantaran sungai masih sangat kurang dalam hal pembuangan sampah. Akibatnya aliran sungai menjadi tersumbat dan berpotensi tinggi menimbulkan banjir di musih hujan.

Untuk itu Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan dibutuhkan kesadaran masyarakat yang tinggal di bantaran kali Ciliwung agar tidak lagi menempati bantara kali sebagai ruang huni.

"Kami coba bekerjasama denga Kementerian PU supaya dapat membangun rumah susun sewa (Rusunawa) bagi warga yang berada di sekitar bantaran Sungai Ciliwung," kata Fauzi.

Dijelaskan Fauzi Bowo, kerjasama dengan Kemeterian PU untuk membangun rusunawa bagi warga yang tinggal di bantaran kali, khususnya sungai Ciliwung bertujuan, agar dapat merelokasikan tempat tinggal warga yang berada dibantaran kali untuk pindah ketempat yang layak. Sehingga warga yang awalnya tinggal di bantaran tak lagi membuang sampah di kali.

Meski demikian, dilanjutkannya, upaya ini tak akan berhasil tanpa adanya perubahan pola pikir yang mendasar masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk tidak membuang sampah di kali. "Perlu kesadaran masyarakat untuk menangani banjir dan pencemaran sampah di sungai," katanya.[bay]

Komentar

x