Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 17:21 WIB

5 Desember KRL Alami Perubahan Jalur

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Selasa, 22 November 2011 | 16:16 WIB
5 Desember KRL Alami Perubahan Jalur
inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Mulai tanggal 5 Desember 2011, PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) memberlakukan perubahan rute perjalanan KRL. Saat ini PT KCJ mengatakan telah mempersiapkan sarana penunjang untuk perubahan rute dan pola perjalanan tersebut.

Menurut Sekretaris PT KCJ, Makmur Syaheran, Stasiun Manggarai yang rencananya akan dijadikan stasiun transit utama telah diperbaiki. "Stasiun Manggarai ini nantinya akan digunakan untuk transit hanya peron tinggi," kata Makmur saat dijumpai di Gedung JRC, Juanda, Selasa (22/11/2011).

Dijelaskannya, dalam perubahan ini, PT KCJ memangkas 37 rute yang ada menjadi enam rute. Pemangkasan ini, lanjut Makmur, dilakukan supaya tidak terjadi lagi persilangan lintasan yang mengakibatkan antrean dan memakan waktu cukup lama.

Adapun enam rute yang efektif beroperasi, menurut Makmur, yaitu rute 1 melintas Bogor/Depok-Manggarai-Jakarta Kota (PP), rute 2 melintas Bogor/Depok-Tanah Abang-Pasar Senen-Jatinegara PP, rute 3 melintasi Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Jakarta Kota (PP), rute 4 melintasi Parung Panjang/Serpong-Tanah Abang (PP), rute 5 melintasi Tangerang-Duri (PP) dan rute 6 Tanjung Priok-Jakarta Kota (PP).

Dalam perubahan ini, KRL tujuan stasiun Kota hanya berhenti di stasiun Manggarai. Sedangkan penumpang yang ingin menuju Kota, Tanah Abang, Bekasi dan lainnya harus berganti kereta. Sementara untuk KRL Bogor, penumpang tidak perlu transit karena kereta langsung menuju Jakarta atau Tanah Abang.

Dijelaskan Makmur, untuk memberlakukan program ini, PT KCJ sebelumnya akan melakukan uji coba perubahan rute perjalanan KRL terlebih dahulu yang akan dilakukan pada 1 sampai 4 Desember 2011. "Setelah uji coba yang dilakukan 1 sampai 4 Desember, maka tanggal 5 akan kita terapkan," jelas Makmur lagi.[bay]

Komentar

Embed Widget
x