Minggu, 21 Desember 2014 | 07:23 WIB
Follow Us: Facebook twitter
DKP: Pilih Hewan Qurban Berstiker Sehat dan Layak
Headline
inilah.com/dok
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
metropolitan - Selasa, 25 Oktober 2011 | 20:44 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Untuk membantu masyarakat dalam memilih hewan qurban yang layak dan sehat, Dinas Kelautan dan Pertanian (DKP) DKI Jakarta akan mencantumkan stiker tanda hewan qurban telah diperiksa kelayakannya, pada hewan-hewan qurban yang ada ditempat penampungan hewan.

Menurut Kepala DKP DKI Jakarta Ipih Ruyani, hal tersebut dilakukan karena ada kemungkinan hewan qurban yang ada ditempat-tempat penjualan, tidak semuanya sehat dan layak konsumsi. Dengan adanya stiker ini, hewan-hewan tersebut berarti telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai hewan Qurban.

"Syarat tersebut mencakup, hewan kurban yang dijual harus sehat, tidak kurus, tidak cacat, cukup umur dan berjenis kelamin jantan," ujar Ipih, di Jakarta, Selasa (25/10/2011).

Selain dicantumkannya stiker tanda kelayakan, hewan Qurban yang ada pun harus dilengkapi dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah pemasok yang harus ditandatangani oleh dokter hewan. Tidak hanya itu, masyarakat pun diminta agar cermat memilih tempat penampungan yang menjual hewan kurban.

"Tempat penampungan hewan Qurban yang ada di Jakarta belum sepenuhnya memenuhi persyaratan," ucapnya.

Tempat penampungan, dikatakan Ipih seharusnya terbuat dari bambu atau kayu dan dibuat lebih tinggi dari dasar tanah atau lantai, sehingga hewan Qurban yang ada tak menyatu dengan kotoran yang jatuh. DKP DKI Jakarta juga akan bekerjasama dengan Dinas Kebersihan DKI untuk membantu membersihkan kotoran yang ada di tempat penampungan yang berdekatan dengan area publik.

Ipih mengatakan jika sebenarnya tempat penampungan ini tidak boleh berada di trotoar karena dapat mengganggu lingkungan sekitar. Namun karena biasanya mereka menyewa tempat dari pemilik lahan untuk sementara waktu, maka pihaknya pun tak bisa berbuat apa-apa.

Beberapa tempat penampungan yang dinilai layak dan memenuhi persyaratan ada di daerah Lenteng Agung dan Taman Mini Indonesia Indah. Ia juga mengatakan, jika ada hewan Qurban yang tak memiliki SKKH, maka pihaknya akan mengisolasi hewan tersebut, untuk kemudian diamati lebih lanjut sebelum dilakukan pemotongan.[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER