Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 16:18 WIB

Beli Rokok Pakai Uang Palsu, Mahasiswa Ditangkap

Oleh : Suriani | Rabu, 5 Oktober 2011 | 23:14 WIB
Beli Rokok Pakai Uang Palsu, Mahasiswa Ditangkap
inilah.com/dok
facebook twitter

INILAH.COM, Makassar - Ade Putra, seorang mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Makassar, diamankan pihak Kepolisian Sektor Kota Panakkukang, karena kedapatan mengunakan uang palsu saat membeli rokok.

Ade Putra, yang merupakan mahasiswa jurusan Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan, ditangkap pada Selasa (5/10/2011) subuh. Warga Jalan Borong Raya, Kecamatan Manggala itu, ditangkap warga, saat membelanjakan uang pecahan 50.000 ribu rupiah di salah satu pedagang kaki lima (PKL) di pasar Tamamaung Jalan A.P. Pettarani, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.

"Dia membeli satu bungkus rokok sampoerna dengan uang itu, saya melihat uangnya memang agak berbeda. Kertas uangnya agak tipis, tidak seperti uang lainnya, saya curiga lalu saya terawang seperti yang sering saya lihat di TV, dan tidak ada gambar timbulnya,"jelas Basri pemilik warung kaki lima.

Lantaran curiga, Basri kemudian memberitahukan ke teman lainnya yang kemudian menghubungi Polsek Panakkukang. Mendapat laporan, polisi kemudian menjemput Ade. Selain menyita uang palsu pecahan 50.000 rupiah, polisi juga menemukan senjata tajam jenis pisau juga ditemukan di balik baju lengan panjang pelaku.

Saat diinterogasi, Ade mengaku mendapatkan uang itu dari temannya yang tinggal di Jalan Pampang, Kecamatan Panakkukang. Ia sendiri mengaku tidak tahu kalau uang yang ia belanjakan itu adalah uang palsu.

"Uang itu saya dikasih sama teman, teman saya membayar utangnya dengan uang tersebut. Saya kaget setelah membelanjakan uang itu, saya dipanggil sama pemilik warung dan bilang kalau uang itu palsu," jelas Ade.

Kapolsek Panakkukang, Kompol Muh. Nur Akbar mengatakan kasus ini masih dalam proses penyelidikan dan pemeriksaan. Polisi akan menyelidiki sumber uang palsu tersebut, dan sementara Ade dianggap juga sebagai korban.

"Adapun dia (Ade Putra) ini hanya korban. Karena ia sendiri tidak tahu kalau uang itu palsu," Tegas Akbar.[bay]

Komentar

Embed Widget
x