Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 11:14 WIB

Akhir 2011, Underpass Mabak Jaksel Selesai

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Rabu, 5 Oktober 2011 | 19:30 WIB
Akhir 2011, Underpass Mabak Jaksel Selesai
inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mengebut Pengerjaan underpass Mabak, Jakarta Selatan. Ditargetkan akhir tahun atau Desember 2011 nanti underpass Mabak sudah dapat dipergunakan.

"Akhir November ini pengerjaan underpass selesai, dan Desember 2011 dapat dilintasi oleh kendaraan," kata Kepala Dinas PU, Ery Basworo di Jakarta, Rabu (5/10/2011).

Menurutnya, saat ini, Dinas PU masih menyelesaikan pengerjaan sistem drainase di underpass sepanjang 314 meter ini untuk mencegah adanya genangan air. Pihaknya sudah mengantisipasi turunnya curah hujan yang cukup besar, yang dapat membuat underpass tergenang air, dan mengganggu lalu lintas.

"Kami telah memasang sampit yang dilengkapi pompa dengan kapasitas 100 liter per detik, pemasangan pompa ini bertujuan untuk menanggulangi genangan air dengan menyedot genangan air akibat ," jelas Ery.

Ery menjelaskan, pompa inilah yang akan dihubungkan dengan pipa, dan berfungsi untuk menarik dan membuang air ke saluran yang berada di luar underpass. Meski begitu, sampit ini memiliki kelemahan, karena rentan endapan dan sampah. Sampah yang melilit di baling-baling pompa bisa menyebabkan pompa macet. Untuk mengatasi hal tersebut, nantinya pompa akan dilengkapi dengan penyaring.

"Ada penyaring satu dan penyaring dua, sehingga sampah tak memasuki daerah pompa. Setelah disaring, sampah pun diambil, sehingga tak sampai penuh," katanya.

Selain itu, sampit juga harus dilengkapi dengan pompa, sehingga membutuhkan tenaga listrik. Untuk hal ini, pihak Dinas PU sudah menyiapkan antisipasi, dengan tak hanya mengandalkan listrik yang terpusat di satu gardu saja.[bay]

Komentar

Embed Widget
x