Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 11:21 WIB

Korban Kebakaran Tambora Krisis Air Bersih

Oleh : Anton Hartono | Jumat, 2 September 2011 | 17:05 WIB
Korban Kebakaran Tambora Krisis Air Bersih
inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Jebolnya tanggul atau pintu air Kalimalang, Jakarta Timur, berdampak ke dapur umum untuk korban kebakaran di kawasan Angke, Tambora, Jakarta Barat.

Pasalnya pasokan air bersih di lokasi tersebut terhenti, hingga akhirnya petugas dari PMI dan Dinas Sosial terpaksa harus membeli air galon isi ulang.

"Mereka tidak hanya kehilangan rumah dan harta benda, tapi juga mengalami syok akibat kebakaran. Ditambah lagi, dengan kurangnya air bersih," ujar Kian Kelana, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Jumat (2/9/2011).

Setelah musibah kebakaran yang terjadi Kamis (1/9/2011), Dinas Sosial DKI Jakarta bersama PMI membangun dapur umum untuk membantu memenuhi kebutuhan logistik para korban kebakaran.

Namun para petugas dan relawan mengaku kesulitan untuk memenuhi kebutuhan logistik pengungsi yang berjumlah sekitar 1.402 orang.
Seperti yang dikatakan Edi Farmudi, petugas Taruna Siaga Bencana, Sudin Sosial Jakarta Barat.

"Kami tidak berani menggunakan air tanah, karena agak keruh, jadi hanya digunakan untuk cuci piring. Sedangkan untuk masak nasi dan lauk pauk, kami menggunakan air galon isi ulang," katanya. [bar]

Komentar

Embed Widget
x