Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 15:59 WIB

Pembajakan KA Gajayana, 1 Orang Dibebaskan

Oleh : Ajat M Fajar | Minggu, 28 Agustus 2011 | 15:27 WIB
Pembajakan KA Gajayana, 1 Orang Dibebaskan
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Anton Bachrul Alam - inilah.com/Ardhy Fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Tiga orang yang diduga pelaku pembajakan KA Gajayana jurusan Malang-Jakarta saat ini masih dalam proses penyelidikan. Namun satu diantara pelaku yang berinisial S dibebaskan karena tidak terbukti bersalah.

"Inisial S itu tidak ada kaitanya dengan pembajakan itu sehingga yang bersangkutan sudah dipulangkan," ujar Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Anton Bachrul Alam di Mabes Polri, Minggu (28/8/2011).

Menurut Anton, pembebasan pelaku berinisial S ini didasari oleh beberapa keterangan saksi yang menyatakan S tidak terlibat dalam peristiwa pembajakan KA Gajayana kemarin.

"Untuk kemarin pembajakan kereta api itu untuk pelaku yang diduga inisial S dari orang umum setelah dilakukan pemeriksaan terhadap saksi baik itu masinis dan pembantu masini," jelasnya.

Anton menjelaskan posisi S pada saat kejadian bukanlah bertindak sebagai pelaku. S hanyalah seorang sipil yang tidak tahu menahu kejadian tersebut.

"Jadi yang inisial S itu karena ada hasil pemeriksaan dia mendengar bunyi ledakan dan tembakan, tembak menembak dan sebagainya itu, yang bersangkutan lari terus ditangkap polisi, padahal dia bukan pelakunya, jadi sudah dipulangkan," ungkapnya.

Dua orang pelaku yang salah satunya merupakan oknum TNI melakukan pembajakan terhadap KA Gajayana jurusan Malang-Jakarta. Keduanya melakukan pembajakan dengan mengubah pemberhentian KA Gajayana yang semula berhenti di Gambir menjadi ke arah Stasiun Senen. [bar]

Komentar

Embed Widget
x