Senin, 21 April 2014 | 19:33 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Nazaruddin Syamsudin Bebas
Headline
Nazaruddin Syamsuddin. - iPhA/Abdul Rauf
Oleh:
metropolitan - Kamis, 13 Maret 2008 | 22:50 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum Nazaruddin Syamsuddin yang divonis enam tahun penjara oleh Mahkamah Agung (MA), akhirnya dibebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Kamis (13/3) petang.
"Tadi setelah Magrib sudah pulang ke rumah dengan dijemput keluarganya,"kata Kuasa Hukum Nazaruddin, Amir Syamsudin, Kamis (13/2).
Menurut Amir, kliennya mendapat pembebasan bersyarat karena telah menjalani dua per tiga dari masa hukumannya,
"Beliau langsung pulang ke rumahnya di wilayah Jakarta Selatan,"ujarnya.
Nazaruddin Syamsudin, terpidana kasus korupsi Komisi Pemilihan Umum dieksekusi dari rumah tahanan Kepolisian Daerah Metropolitan Jaya ke Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta pada pertengahan Februari tahun 2007.
Sebelumnya, MA memvonis Nazaruddin dengan hukuman enam tahun penjara karena terbukti bersalah melakukan korupsi dalam pengadaan jasa asuransi anggota KPU dan pengumpulan dana taktis dari rekanan KPU.
Putusan MA itu lebih ringan satu tahun dari putusan pengadilan banding.
Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada 14 Desember 2005 memvonis Nazaruddin tujuh tahun. Vonis tujuh tahun itu dikuatkan majelis banding Pengadilan Tinggi Jakarta pada 27 Februari 2006.
Selain vonis enam tahun, Nazaruddin dikenai denda sebesar Rp 300 juta atau hukuman pengganti selama enam bulan, serta diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 1,068 miliar. Jika tidak, diganti dengan hukuman selama dua tahun penjara. [*/R1]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.