Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 07:35 WIB

Mengenal Komunitas Sugeng (1)

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Sabtu, 16 Juli 2011 | 19:23 WIB

Berita Terkait

Mengenal Komunitas Sugeng (1)
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Ada satu komunitas di Jakarta yang berbeda dengan komunitas lainnya yang kebanyakan didasarkan kepada hobi atau kegemaran.

Komunitas yang satu ini merupakan perkumpulan ribuan orang yang memiliki nama yang sama yaitu Sugeng. Inilah satu-satunya komunitas nama di Indonesia.

Keunikan tersebut malah membawa berkah bagi anggotanya. Yah, kesamaan nama Sugeng, menimbulkan persamaan dan menjadikan mereka memiliki hubungan erat satu sama lain, layaknya seperti saudara.

Ketua Komunitas Sugeng Jakarta, Sugeng Agung Wibowo saat ditemui disebuah pusat perbelanjaan di Jakarta mengatakan, para Sugeng ini dipertemukan melalui situs pertemanan facebook.

"Komunitas Sugeng ini pertama kali di perkenalkan tahun 2004 oleh Sugeng Jabri, yang berasal dari Malaysia," kata Sugeng Agung pada INILAH.COM.

Dijelaskan Sugeng Agung, rasa penasaran Sugeng Jabri ini berawal dari keunikan nama Sugeng yang jarang dijumpai di negeri Jiran Malaysia.

Akhirnya dengan rasa keingintahuan, Sugeng Jabri mencoba mencari dan mengumpulkan orang-orang yang bernama sugeng dengan mengunakan fasilitas situs pertemanan di situs jejaring sosial Friendster.

Hingga dikenalnya sebuah situs Facebook, lanjut Sugeng Agung, para Sugeng ini memanfaatkannya sebagai media sosialisasi yang aktif antar sesama pemilik nama Sugeng.
"Dari situ, kita yang terbentuk secara komunitas mendeklarasikan sebuah paguyuban bernama Paguyuban Sugeng," terang Sugeng Agung.

Menurutnya, Pagayuban Sugeng telah melakukan beberapa kegiatan, seperti bakti sosial, kumpul-kumpul atau kopi darat yang melibatkan keluarga para sugeng.

Seringnya bertemu dan mengadakan kegiatan, Paguyuban Sugeng pun diundang sebagai tamu undangan dalam salah satu siaran televisi nasional di Jakarta.

Saat ini dijelaskan Sugeng Agung jumlah anggota bernama Sugeng sendiri sebanyak 2.248 orang, yang berada di seluruh Dunia.

"Kita, para sugeng yang berkumpul dalam Paguyuban Sugeng sedang merencakan untuk "goes to muri" dengan kategori organisasi dengan nama yang sama terbanyak," kata Sugeng Agung lagi dengan semangat. [bersambung/mah]

Komentar

Embed Widget
x