Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 22:13 WIB

Cemas Ulah Tengkulak

Dinas KUMKM Adakan Lelang di Pasar Tradisional

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Jumat, 8 Juli 2011 | 08:36 WIB
Dinas KUMKM Adakan Lelang di Pasar Tradisional
Foto : Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ulah tengkulak nakal yang kerap mempermainkan harga pasar, cukup membuat resah pedagang. Untuk itu, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) dan Perdagangan, DKI Jakarta menggelar lelang di sejumlah pasar di Jakarta.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas KUMKM dan Perdagangan DKI Jakarta, Hotner Tampubolon menegaskan lelang yang digelar disejumlah pasar untuk mengantispasi ulah para tengkulak yang justru merugikan kedua pihak, pedagang dan produsen.

"Kami berkeyakinan bahwa melalui lelang ini pedagang dan produsen sangat diuntungkan. Sebab mereka bisa langsung melakukan transaksi," kata Tampubolon, Jumat (8/7/2011).

Lelang yang digelar guna mempertemukan pedagang dan petani atau produsen yang membuat barang di seluruh Indonesia. Dalam lelang ini antara pedagang dan produsen ketemu langsung melakukan penawaran barang. "Saat ini kita menggelar lelang 2 kali dalam 1 tahun," jelas Tampubolon.

Kegiatan lelang yang digelar Dinas KUMKM dan Perdagangan DKI Jakarta menuai sambutan dari pedagang. "Saat digelar lelang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Dalam lelang tersebut, ratusan pedagang dan produsen hadir dalam lelang yang digelar selama empat jam, yakni mulai pukul 09.00 hingga 13.00 WIB, bahkan transaksi antara pedagang dengan produsen mencapai Rp 8 miliar," jelasnya.

Tak hanya itu upaya pelayanan yang diberikan terhadap pedagang, Dinas KUMKM dan Perdagangan DKI juga menggelar pelayanan sertifikasi yang dinamakan One Day Service. Para pedagang dan pengusaha yang mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) khususnya kelas mikro bisa dilayani hanya dalam satu hari saja. [bar]

Komentar

 
x