Sabtu, 30 Agustus 2014 | 07:09 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Rumah Kumuh Tangerang Butuh Rp 15 M
Oleh:
metropolitan - Senin, 10 Maret 2008 | 15:02 WIB
INILAH.COM, Tangerang - Pemerintah Kabupaten Tangerang membutuhkan dana sekitar Rp 15 miliar guna memperbaiki permukiman kumuh warga yang mencapai 10.000 unit.

"Jumlah tersebut merupakan total dana yang dibutuhkan untuk merenovasi permukiman kumuh warga miskin," kata Hidayat, Kepala Dinas Bangunan dan Permukiman Kabupaten Tangerang, Senin (10/3).

Hidayat mengatakan, jumlah permukiman kumuh warga miskin yang mencapai 10.000 unit terdiri dari 5.000. Di antaranya tersebar di wilayah pantai utara (pantura) Kabupaten Tangerang dan sisanya berada di kecamatan lain.

Tercatat 5.000 unit rumah kumuh tersebut tidak layak huni, yang mayoritas tersebar di delapan kecamatan di bagian utara Kabupaten Tangerang. Di antaranya Sukadiri, Pakuhaji, Mauk, Kresek dan Kronjo. Sedangkan sisanya, 5.000 rumah lainnya di 28 kecamatan.

Hidayat menuturkan, ada sekitar 400-500 unit rumah tidak layak huni yang menyebar di tiap kecamatan di pantura.

Pemkab Tangerang melalui Dinas Bangunan dan Permukiman berupaya mengurangi jumlah permukiman warga yang tidak layak tersebut.

Pihak dinas terkait mengajak delapan pengembang untuk memperbaiki sebanyak 2.000 unit rumah kumuh dengan mengandalkan APBD 2008 sebesar Rp3 miliar.

Namun demikian, perbaikan rumah kumuh tersebut belum dapat dilaksanakan. Karena pihak pengembang belum memberikan keputusan tentang kesiapan kerjasamanya.

Hidayat mengatakan, dinas bangunan dan permukiman menganggarkan dana perbaikan rumah kumuh setiap unitnya mencapai Rp15 juta.

Sesuai peraturan, dana pembangunan rumah warga tidak masuk dalam alokasi APBD. Sehingga anggaran renovasi rumah kumuh dicantumkan sebagai dana sosial stimulan.

Mayoritas keadaan rumah kumuh warga sangat tidak layak huni, karena beralaskan lantai tanah, struktur bangunan semi permanen, serta tanpa tempat mandi cuci kakus (MCK). Di antaranya di Kampung Karang Serang, Sukadiri, dan pantura.[*/R2]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER