Find and Follow Us

Kamis, 5 Desember 2019 | 21:58 WIB

Wow, Omzet Parkir Liar di Bekasi Ratusan Juta

Kamis, 2 Juni 2011 | 18:56 WIB
Wow, Omzet Parkir Liar di Bekasi Ratusan Juta
inilah.com/Syamsuddin Nasoetion
facebook twitter

INILAH.COM, Bekasi - Sedikitnya ada 60 lokasi parkir liar yang beroperasi di
seluruh kota Bekasi. Dinas Perhubungan Bekasi memprediksi ada ratusan juta rupiah potensi yang didapat dari parkir liar tersebut dan tidak masuk ke kas daerah.

Hal ini jelas merugikan Pemkot Bekasi, padahal dana tersebut seharusnya bisa menjadi pemasukan daerah. Kepala UPTD Parkir Dishub Kota Bekasi Cory C Bacas mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki UPTD Parkir terdapat 60 titik parkir liar yang tersebar di 12 kecamatan.

"Parkir liar ini umumnya berada di bahu jalan yang letaknya berdekatan dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, pertokoan dan warung-warung makan. Mereka menarik biaya parkir tanpa masuk ke kas daerah, padahal potensinya cukup besar, " paparnya.

Lokasi 60 parkir liar ini umumnya dikelola oleh masyarakat setempat, kelompok preman dan lembaga swadaya masyarakat (LSM)."Pengelola parkir liar ini juga dibekingi oleh oknum-oknum aparat dan partai," ungkapnya.

Pihaknya mengaku kesulitan menertibkan parkir liar itu karena adanya beking sejumlah oknum tersebut. Padahal, kata dia, potensi pendapatan dari 60 parkir liar ini bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Pasalnya, jumlah parkir liar ini hampir seimbang dengan jumlah titik parkir resmi sesuai dengan SK Walikota Bekasi yang mencapai 70 titik. Dari 70 titik parkir resmi saja, pihaknya menargetkan pendapatan daerah mencapai Rp660 juta.

"Bisa dibayangkan bila 60 lokasi ini dikoordinasikan ke Dishub untuk pemasukan, bisamenjacapi ratusan juta rupiah. Tapi karena banyak yang membekingi, dana ini akhirnya hanya masuk kantong pribadi," katanya. [pkm/mah]

Komentar

x