Minggu, 21 Desember 2014 | 00:13 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Payudara Sakit Saat Menyusui
Oleh:
metropolitan - Minggu, 2 Agustus 2009 | 11:27 WIB
PAYUDARA seringkali terasa sakit setelah bersalin atau ketika menyusui si kecil. Rasa sakit ini timbul karena adanya perubahan-perubahan di bagian dua dada.

Payudara adalah pelengkap organ reproduksi wanita dan mengeluarkan air susu. Posisi buah dada ini terletak dalam fasia supervisialis di daerah antara seternum dan axila, melebar dari iga II dan iga VII.

Di bagian tengah terdapat putting susu yang dikelilingi oleh ariola mamae yang berwarna coklat. Dekat dasar putting terdapat kelenjar monsgomeri yang mengeluarkan zat lemak supaya putting tetap lemas. Puting mempunyai lubang kurang lebih 15-20 buah tempat saluran kelenjar susu.

Gangguan terhadap payudara tersebut biasanya banyak dialami pasangan baru karena minimnya pengetahuan peralatan luar dada ibu hamil. Rasa sakit pada buah dada disebabkan adanya perubahan yang mengakibatkan iritasi atau infeksi sehingga payudara terasa sakit. Apabila diusap-usap atau diraba ada bagian-bagian yang padat (bengkak), terasa hangat, dan kaku, sakit nyeri dan sering disertai penderita mengalami demam.

Ada beberapa pencegahannya yang bisa dilakukan. Seperti merawat dan menjaga kebersihan payudara agar kulit payudara dan pupillae tipis, lembut, lentur, kenyal dan kuat.

Jadi ketika diisap oleh si kecil dan kena lidah tidak gampang lecet atau luka. Caranya dengan menyeka kain hangat sehari sekali sambil lakukan urut dan pemijatan untuk membantu kelenjar buntu. Supaya memproduksi air susu dengan lancar.

Perwatan ini bisa dilakukan sendiri dengan perlengkapan yang diperlukan di antaranya kursi duduk, kaca cermin, mangkuk dan air panas, baby oil serta handuk kecil.

Cara melakukannya, pasien duduk di kursi dan menghadap ke kaca cermin, dengan pakaian bagian atas dibuka. Gerakan manipulasi adalah palmar struking. Dengan bentuk teknik pegangan tangan, adalah salah satu tangan menyangga buah dada, dan tangan yang lain menggosok turun menuju ke pupillae.

Gerakan dimulai dari pangkal payudara dan gerakan diulang, sampai permukaan kulit payudara terasa lentur, kuat, licin dan bersinar. Perawatan dimulai dari kehamilan umur 8 bulan hingga menjelang kelahiran. Guste massage diberikan tiga hari sekali.
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER